Pendidikan Agama Islam

KURIKULUM INTEGRATIF PROGRAM STUDI PAI

(Berdasarkan KKNI, SNPT, Kampus Merdeka, dan Integrasi Ilmu/Ulul albab)

  A.       IDENTITAS PROGRAM STUDI

 

1.

Nama Program Studi

:

PEndidikan aGama islam

2.

Ijin Penyelenggaraan Prodi

:

Dj.I/867/2010 Tanggal 6 Desember 2010

3.

Akreditasi  Prodi

:

a

4.

Gelar Akademik Beserta Singkatannya

:

Sarjana Pendidikan Agama Islam (s.Pd)

5.

Jenis Pendidikan

:

Akademik

6.

Program Pendidikan

:

Program Sarjana (Level 6),

7.

Bahasa Pengantar Kuliah

:

Bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab

8.

Masa Studi Program Sarjana

:

8 (delapan) semester atau 4 (empat) Tahun

 

B.   VISI PROGRAM STUDI

Terwujudnya Program Studi Pendidikan Agama Islam Integratif dalam memadukan sains dan Islam yang bereputasi Internasional.

 

C.   MISI PROGRAM STUDI

 

1.      Mencetak sarjana pendidikan agama Islam yang berkarakter ulul albab

2.      Menghasilkan sains pendidikan agama Islam yang relevan dan budaya saing tinggi

 

 

D.   TUJUAN PROGRAM STUDI

 

1.      Memberikan akses pendidikan agama Islam yang lebih luas kepada masyarakat

2.      Menyediakan sarjana pendidikan agama Islam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat

 

E.   STRATEGI

Menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi pendidikan agama Islam secara integratif yang berkualitas

 

F.    RUMUSAN DESKRIPSI PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI

 

Program Studi

:

Pendidikan Agama Islam

Fakultas

:

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Profil Utama Lulusan

:

Sebagai PENDIDIK mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada

Sekolah/Madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK)

Profil Tambahan

:

a.      Peneliti Pendidikan Islam

b.      Konselor dan Muballigh

c.      Pengelola Lembaga pendidikan

d.      Jurnalis Pendidikan

e.      Intrepreneur dan desainer Pembelajaran

 

Deskripsi Profil Lulusan dan Kemampuan Level 6 (Strata 1)

Program Studi Pendidikan Agama Islam

Profil Utama Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam : Sebagai PENDIDIK mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada  Sekolah/Madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK),

Memiliki kemampuan yang dideskripsikan sebagai berikut :

1.

Kemampuan Kerja

1)      Mampu menerapkan teori-teori pendidikan dan pembelajaran dalam penyusunan perangkat, pelaksanakan dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

2)      Mampu memanfaatkan keilmuan Pendidikan Agama Islam dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi dalam menyelesaikan berbagai masalah pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah

3)      Mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi terkait dengan dinamika sosial-budaya, ekonomi dan politik serta tantangan global dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah

2.

Penguasaan Pengetahuan

1)     Menguasai konsep-konsep teoritis dan landasan keilmuan pendidikan secara mendalam sebagai titik tolak dalam pengembangan potensi keagamaan peserta didik untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan.

2)     Menguasai substansi kajian keilmuan Pendidikan Agama Islam (Qur’an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fiqih, dan Sejarah dan Kebudayaan Islam) secara luas,  mendalam, dan mutakhir untuk membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.

3)     Menguasai teori-teori pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan mampu memformulasikan dan mengimplementasikannya secara prosedural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah.

4)     Menguasai konsep integrasi  keilmuan, agama, sains dan keindonesiaan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah.

5)     Menguasai konsep kepemimpinan pendidikan dalam rangka menggerakkan dan membudayaan pengamalan ajaran agama Islam dan pembentukan perilaku akhlak mulia peserta didik di sekolah/madrasah.

3.

Kemampuan Manajerial

1)     Mampu mengambil keputusan yang tepat dan strategis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekoah/madrasah berdasarkan analisis informasi dan data serta hasil penelitian yang relevan

2)     Mampu memberikan petunjuk dan langkah-langkah berbagai pemecahan masalah Pendidikan Agama Islam secara mandiri dan kolektif untuk memperoleh hasil pembelajaran yang bermutu dan maksimal dalam pembentukan prilaku keagamaan  peserta didik

3)     Mampu memetakan wacana dan fenomena keagamaan serta  isu-isu kontemporer dalam Pendidikan Agama Islam untuk dijadikan sebagai dasar dalam pengembangan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

4.

Tanggung Jawab

1)     Bertanggung jawab dan dapat diberi tanggung jawab terhadap pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang efektif, produktif, bermakna, toleran dan berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan dalam masyarakat multi agama baik secara mandiri maupun dengan kemitraan.

2)     Mampu  menyesuaikan diri secara tepat dalam menjalankan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan dilandasi oleh kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia secara mandiri dan dengan percaya diri.