KURIKULUM INTEGRATIF
PROGRAM STUDI PGMI
(Berdasarkan
KKNI, SNPT, Kampus Merdeka, dan Integrasi Ilmu/Ulul albab)
A. IDENTITAS PROGRAM
STUDI
Program Studi (PS) : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Jurusan/Departemen :
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas : Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan
Perguruan Tinggi :
Universitas Islam Negeri Maulana
Malik Ibrahim Malang
Nomor SK pendirian PS (*) : Nomor Dj.I/257/2007
Tanggal SK pendirian PS : 10 Juli 2007
Pejabat Penandatangan
SK Pendirian PS : SK Dirjen Pendidikan Islam
Bulan & Tahun Dimulainya
Penyelenggaraan PS :
Tanggal 22 Juli 2007
Nomor SK Izin
Operasional (*) : Nomor Dj.I/485/2009
Tanggal SK Izin Operasional : 26 Agustus 2009
Peringkat Akred. Terbaru : A
Nomor SK BAN-PT : 462/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014
Geelar Akademik : Sarjana Pendidikan (S.Pd)
Jenis Pendidikan :
Akademik
Program
Pendidikan :
Program Sarjana
Bahasa Pengantar
Kuliah : Bahasa
Indonesia, Bahasa Arab (Reguler), Bahasa Inggris (ICP)
Masa Studi :
4 tahun
Alamat PS : Jl. Gajayana No. 50 Malang
No. Telepon PS : (0341) 551398
No. Faksimili PS : (0341) 551398
Homepage/Email : fitk.uin-malang.ac.id/walidpgmi@gmail.com
B. VISI PROGRAM STUDI
Terwujudnya
program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah Integratif dalam memadukan
sains dan Islam yang bereputasi Internasional.
C. MISI PROGRAM STUDI
1.
Mencetak sarjana pendidikan guru madrasah
ibtidaiyah yang berkarakter ulul albab
2.
Menghasilkan sains pendidikan guru
madrasah ibtidaiyah yang relevan dan budaya saing tinggi
D. TUJUAN PROGRAM STUDI
1.
Memberikan akses pendidikan guru madrasah ibtidaiyah yang lebih luas kepada
masyarakat
2.
Menyediakan sarjana pendidikan guru madrasah ibtidaiyah untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat
E.
STRATEGI
Menyelenggarakan
tridharma perguruan tinggi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah secara
integratif yang berkualitas
F. RUMUSAN DESKRIPSI PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI
Program Studi |
: |
PGMI |
Fakultas |
: |
FITK |
Profil Utama Lulusan |
: |
Menjadi guru profesional pada Elementary School,
berkepribadian yang baik, berpengetahuan yang luas dan mutakhir di bidang
pendidikan dasar serta mampu menerapkan teori-teori pendidikan dan
pembelajaran.
|
Profil Tambahan |
: |
1. Pengembang
materi matematika dan IPA pada Elementary School. 2. Pengembang
materi ilmu sosial dan budaya pada Elementary
School. 3. Peneliti
pada Elementary School 4. Konsultan
Pendidikan dan Pembelajaran pada Elementary
School. 5. Pengembang
Media Pembelajaran pada Elementary
School. 6. Instruktur/Tutor
Lembaga Bimbingan Belajar pada Elementary
School. 7. Guru
Agama pada Sekolah Dasar Islam (SD/MI)
|
Deskripsi
Profil Lulusan dan Kemampuan Level 6 (Strata 1) Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
||
|
||
1. |
Kemampuan Kerja |
1. Mampu
merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pelaksanaan program yang berada di
bawah tanggungjawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahlianya 2. Memiliki
komitmen dan tanggungjawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran
untuk meningkatkan mutu pembelajaran pada Elementary School 3. Memiliki
karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi
sebagai tenaga pendidik pada Elementary School. 4. Memiliki kemampuan metodologis
dalam mengaplikasikan teori pembelajaran, psikologi, evaluasi pembelajaran
Pendidikan Dasar pada MI/SD; 5. Memiliki kemampuan
konseptualisasi dalam memaknai teori pembelajaran, psikologi, evaluasi
pembelajaran Pendidikan Dasar pada MI/SD; 6.
Memiliki
kemampuan untuk memahami konsep dalam memaknai teori pembelajaran, psikologi,
evaluasi pembelajaran Pendidikan Dasar pada MI/SD; 7.
Memiliki
kemampuan metodologis dalam mengaplikasikan teori teori Bahasa indonesia,
PKn, IPS, IPA, Matematika, dan Seni Budaya dan Keterampilan serta
Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Pendidikan Dasar pada MI/SD; 8.
Memiliki
kemampuan konseptualisasi dalam memaknai teori Bahasa indonesia, PKn, IPS,
IPA, Matematika, dan Seni Budaya dan Keterampilan serta
Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Pendidikan Dasar pada MI/SD 9.
Memiliki
kemampuan untuk memahami konsep dalam teori teori Bahasa indonesia, PKn, IPS,
IPA, Matematika, dan Seni Budaya dan Keterampilan serta
Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Pendidikan Dasar pada MI/SD
|
2. |
Penguasaan Pengetahuan |
1.
Menguasai konsep-konsep dasar
teori pada Elementary School sebagai landasan dalam menganalisis dan
menerapkan layanan pendidikan bagi peserta didik pada Elementary School 2.
Menguasai dasar-dasar
perancangan, pengelolaan,yang meliputi kemampuan Menemukenali peserta didik
sekolah sekolah dasar, memilh pendekatan, model, strstegi, dan metode
pembelajaran serta sistem evaluasi bagi peserta didik pada Elementary School. 3. Menguasai secara
mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan pada Elementary
School 4. Menguasai
karakteristik perkembangan peserta pada Elementary School baik perkembangan
fisik, psikologis maupun sosial 5. Menguasai dan
mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama pada Elementary
School 6. Menguasai
pengembangan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan
ajar, media, sumber belajar, khususnya pada tujuh mata pelajaran pokok pada
Elementary School 7. Menguasai dan
melaksanakan evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran pada Elementary
School 8. Menguasai konsep
dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan pembelajaran
di sekolah dan mengembangkan karya inovatif serta mengkomunikasikan hasil
penelitian dan karya dengan penuh tanggungjawab |
3. |
Kemampuan Manajerial |
1.
Mampu mengambil keputusan strategis
berdasarkan analisis informasi dan data dalam menentukan berbagai alternatif
pemenuhan kebutuhan belajar bagi peserta didik pada Elementary School 2.
Mampu memanfaatkan hasil riset
untuk memecahkan permasalahan pembelajaran. 3. Mampu mengambil keputusan
dalam merancang pembelajaran, implementasi pembelajaran, serta evaluasi
pembelajaran meliputi teori Bahasa indonesia, PKn, IPS, IPA, Matematika, dan Seni Budaya dan Keterampilan serta
Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Pendidikan Dasar pada MI/SD; 4. Mampu menunjukan komitmen
diri, meliputi ucapan, perbuatan, dan performance sebagai guru islami
pendidikan dasar MI/SD; |
4. |
Tanggung Jawab |
1.
Mampu menunjukkan kinerja dalam
praksis pendidikan ke-SD/MI-an yang dapat dipertanggung jawabkan pada para pengguna layanan, pemangku
kepentngan, dan masyarakat 2.
Mampu menunjukkan kinerja dalam
merencanakan, mengelola, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran untuk
menigkatkan mutu pembelajaran pada
Elementary School. 3. Memiliki kemampuan
berinisisai tentang teori pendidikan
dan pembelajaran pada Pendidikan Dasar pada MI/SD; 4. Memiliki kemampuan berinovasi
dalam mengaplikasikan teori pendidikan dan pembelajaran teori Bahasa
indonesia, PKn, IPS, IPA, Matematika,
dan Seni Budaya dan Keterampilan serta
Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Pendidikan Dasar pada MI/SD 5. Memiliki tenggungjawab secara
keilmuan pedagogis dan konten mapel teori Bahasa indonesia, PKn, IPS,
IPA, Matematika, dan Seni Budaya dan Keterampilan serta
Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Pendidikan Dasar pada MI/SD |
G. CAPAIAN PEMBELAJARAN
Capaian pembelajaran dipandang sebagai resultan dari
hasil keseluruhan
proses belajar yang
telah
ditempuh oleh mahasiswa selama menempuh
studinya
pada
satu program studi tertentu, dimana
unsur
capaian pembelajaran
mencakup:
Sikap dan tata nilai,
Kemampuan
kerja, pengetahuan, dan
tanggungjawab/hak. Seluruh unsur ini
menjadi
kesatuan yang saling
mengait dan
juga membentuk
relasi sebab akibat.
Oleh karenanya,
unsur
CP dapat dinyatakan
sebagai berikut “Setiap mahasiswa lulusan dari
program studi apapun, pertama-tama
harus
memiliki sikap dan
tata nilai keIndonesiaan,
padanya
harus
dilengkapi
dengan kemampuan kerja yang tepat
dan menguasai/didukungoleh pengetahuan yang sesuai, maka
padanya
berlaku tanggungjawab sebelum
dapat
menuntut/mendapat
hak–nya”.