Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

KURIKULUM INTEGRATIF PROGRAM STUDI PGMI

(Berdasarkan KKNI, SNPT, Kampus Merdeka, dan Integrasi Ilmu/Ulul albab)

 

A.     IDENTITAS PROGRAM STUDI

 

Program Studi (PS)                                     :  Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Jurusan/Departemen                                   :  Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas                                                     :  Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan

  Perguruan Tinggi                                          :  Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Nomor SK pendirian PS (*)                         :  Nomor Dj.I/257/2007

Tanggal SK pendirian PS                             :  10 Juli 2007              

Pejabat Penandatangan

SK Pendirian PS                                         :  SK Dirjen Pendidikan Islam

Bulan & Tahun Dimulainya

Penyelenggaraan PS                                    :  Tanggal 22 Juli 2007

Nomor SK Izin Operasional (*)    :  Nomor Dj.I/485/2009

Tanggal SK Izin Operasional                       :  26 Agustus 2009       

Peringkat Akred. Terbaru                            :  A

Nomor SK BAN-PT                                    :  462/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014

Geelar Akademik                                        :  Sarjana Pendidikan (S.Pd)

Jenis Pendidikan                                         : Akademik

Program Pendidikan                                    : Program Sarjana

Bahasa Pengantar Kuliah                             : Bahasa Indonesia, Bahasa Arab (Reguler), Bahasa Inggris (ICP)

Masa Studi                                                 : 4 tahun

Alamat PS                                             :  Jl. Gajayana No. 50 Malang

No. Telepon PS                                           :  (0341) 551398

No. Faksimili PS                                         :  (0341) 551398

      Homepage/Email                                        :  fitk.uin-malang.ac.id/walidpgmi@gmail.com

 

B.     VISI PROGRAM STUDI

 

Terwujudnya program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah Integratif dalam memadukan sains dan Islam yang bereputasi Internasional.

 

C.   MISI PROGRAM STUDI

1.                Mencetak sarjana pendidikan guru madrasah ibtidaiyah yang berkarakter ulul albab

2.     Menghasilkan sains pendidikan guru madrasah ibtidaiyah yang relevan dan budaya saing tinggi

 

D.   TUJUAN PROGRAM STUDI

 

1. Memberikan akses pendidikan guru madrasah ibtidaiyah yang lebih luas kepada masyarakat

2. Menyediakan sarjana pendidikan guru madrasah ibtidaiyah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat

 

E.  STRATEGI

 

Menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah secara integratif yang berkualitas

 

 

 

F.    RUMUSAN DESKRIPSI PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI

 

Program Studi

:

PGMI

Fakultas

:

FITK

Profil Utama Lulusan

:

Menjadi guru profesional pada Elementary School, berkepribadian yang baik, berpengetahuan yang luas dan mutakhir di bidang pendidikan dasar serta mampu menerapkan teori-teori pendidikan dan pembelajaran.

 

Profil Tambahan

:

1.     Pengembang materi matematika dan IPA pada Elementary School.

2.     Pengembang materi ilmu sosial dan budaya pada Elementary School.

3.     Peneliti pada Elementary School

4.     Konsultan Pendidikan dan Pembelajaran pada Elementary School.

5.     Pengembang Media Pembelajaran pada Elementary School.

6.     Instruktur/Tutor Lembaga Bimbingan Belajar pada Elementary School.

7.     Guru Agama pada Sekolah Dasar Islam (SD/MI)

 

 

 

Deskripsi Profil Lulusan dan Kemampuan Level 6 (Strata 1)

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

 

 

 

1.

Kemampuan Kerja

1.     Mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pelaksanaan program yang berada di bawah tanggungjawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahlianya

2.     Memiliki komitmen dan tanggungjawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran pada Elementary School

3.     Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik pada Elementary School.

4.     Memiliki kemampuan metodologis dalam mengaplikasikan teori pembelajaran, psikologi, evaluasi pembelajaran Pendidikan Dasar pada MI/SD;

5.     Memiliki kemampuan konseptualisasi dalam memaknai teori pembelajaran, psikologi, evaluasi pembelajaran Pendidikan Dasar pada MI/SD;

6.     Memiliki kemampuan untuk memahami konsep dalam memaknai teori pembelajaran, psikologi, evaluasi pembelajaran Pendidikan Dasar pada MI/SD;

7.     Memiliki kemampuan metodologis dalam mengaplikasikan teori teori Bahasa indonesia, PKn, IPS, IPA,  Matematika, dan  Seni Budaya dan Keterampilan serta Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Pendidikan Dasar pada MI/SD;

8.     Memiliki kemampuan konseptualisasi dalam memaknai teori Bahasa indonesia, PKn, IPS, IPA,  Matematika, dan  Seni Budaya dan Keterampilan serta Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Pendidikan Dasar pada MI/SD

9.     Memiliki kemampuan untuk memahami konsep dalam teori teori Bahasa indonesia, PKn, IPS, IPA,  Matematika, dan  Seni Budaya dan Keterampilan serta Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Pendidikan Dasar pada MI/SD

 

2.

Penguasaan Pengetahuan

1.     Menguasai konsep-konsep dasar teori pada Elementary School sebagai landasan dalam menganalisis dan menerapkan layanan pendidikan bagi peserta didik pada Elementary School

2.     Menguasai dasar-dasar perancangan, pengelolaan,yang meliputi kemampuan Menemukenali peserta didik sekolah sekolah dasar, memilh pendekatan, model, strstegi, dan metode pembelajaran serta sistem evaluasi bagi peserta didik pada Elementary School.

3.     Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan pada Elementary School

4.     Menguasai karakteristik perkembangan peserta pada Elementary School baik perkembangan fisik, psikologis maupun sosial

5.     Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama pada Elementary School

6.     Menguasai pengembangan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media, sumber belajar, khususnya pada tujuh mata pelajaran pokok pada Elementary School

7.     Menguasai dan melaksanakan evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran pada Elementary School

8.     Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dan mengembangkan karya inovatif serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karya dengan penuh tanggungjawab

3.

Kemampuan Manajerial

1.     Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam menentukan berbagai alternatif pemenuhan kebutuhan belajar bagi peserta didik pada Elementary School

2.     Mampu memanfaatkan hasil riset untuk memecahkan permasalahan pembelajaran.

3.     Mampu mengambil keputusan dalam merancang pembelajaran, implementasi pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran meliputi teori Bahasa indonesia, PKn, IPS, IPA,  Matematika, dan  Seni Budaya dan Keterampilan serta Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Pendidikan Dasar pada MI/SD;

4.     Mampu menunjukan komitmen diri, meliputi ucapan, perbuatan, dan performance sebagai guru islami pendidikan dasar MI/SD;

4.

Tanggung Jawab

1.     Mampu menunjukkan kinerja dalam praksis pendidikan ke-SD/MI-an yang dapat dipertanggung jawabkan  pada para pengguna layanan, pemangku kepentngan, dan masyarakat

2.     Mampu menunjukkan kinerja dalam merencanakan, mengelola, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran untuk menigkatkan  mutu pembelajaran pada Elementary School.

3.     Memiliki kemampuan berinisisai  tentang teori pendidikan dan pembelajaran pada Pendidikan Dasar pada MI/SD;

4.     Memiliki kemampuan berinovasi dalam mengaplikasikan teori pendidikan dan pembelajaran teori Bahasa indonesia, PKn, IPS, IPA,  Matematika, dan  Seni Budaya dan Keterampilan serta Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Pendidikan Dasar pada MI/SD

5.     Memiliki tenggungjawab secara keilmuan pedagogis dan konten mapel teori Bahasa indonesia, PKn, IPS, IPA,  Matematika, dan  Seni Budaya dan Keterampilan serta Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Pendidikan Dasar pada MI/SD

 

G.   CAPAIAN PEMBELAJARAN

Capaian  pembelajaran dipandang sebagai  resultan  dari hasil keseluruhan proses belajar yang telah ditempuh oleh mahasiswa selama menempuh studinya pada satu program studi tertentu, dimana unsur capaian pembelajaran mencakup: Sikap dan tata nilai, Kemampuan kerja, pengetahuan, dan tanggungjawab/hak.   Seluruh unsur ini menjadi kesatuan yang saling mengait dan juga membentuk relasi sebab akibat. Oleh karenanya, unsur CP dapat dinyatakan sebagai berikut “Setiap mahasiswa lulusan dari program studi apapun, pertama-tama harus memiliki sikap dan tata nilai keIndonesiaan, padanya harus dilengkapi dengan kemampuan kerja yang tepat dan menguasai/didukungoleh pengetahuan yang sesuai, maka padanya berlaku tanggungjawab sebelum dapat menuntut/mendapat haknya”.