Ilmu Pengetahuan Sosial

KURIKULUM INTEGRATIF PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPS

               (Berdasarkan KKNI, SNPT, Kampus Merdeka, dan Integrasi Ilmu/Ulul albab)

 

A.     IDENTITAS PROGRAM STUDI

 

1.

Nama Program Studi

:

PENDIDIKAN IPS

2.

Ijin Penyelenggaraan Prodi

:

Penyelenggaraan Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) berdasarkan pada SK Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Nomor: E/138/1999 tentang penyelenggaraan Jurusan Tarbiyah  Program Studi Tadris IPS pada STAIN Malang tertanggal 18 Juni 1999, yang ditindaklanjuti oleh Surat Nomor: 811/D/T/2003 tertanggal 16 April 2003 perihal Rekomendasi pembukaan program-program studi umum pada STAIN Malang oleh Direktur dan surat Perpanjangan Penyelenggaraan Prodi selanjutnya

3.

Akreditasi  Prodi

:

A

4.

Gelar Akademik Beserta Singkatannya

:

Sarjana pendidikan  (S.Pd.)

5.

Jenis Pendidikan

:

Akademik

6.

Program Pendidikan

:

Program Sarjana (Level 6)

7.

Bahasa Pengantar Kuliah

:

Bahasa Indonesia (Kelas Reguler) dan Bahasa Inggris (Kelas ICP)

8.

Masa Studi Program Sarjana

:

4  s/d 7 tahun akademik

 

B.   VISI PROGRAM STUDI

Terwujudnya Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial integratif dalam memadukan sains dan Islam yang  bereputasi internasional

C.  MISI PROGRAM STUDI

1.1. Mencetak sarjana pendidikan ilmu pengetahuan sosial yang berkarakter ulul albab

2.2. Menghasilkan sains sosial yang relevan dan budaya saing tinggi

 

D.  TUJUAN PROGRAM STUDI

1.1. Memberikan akses pendidikan ilmu pengetahuan sosial yang lebih luas kepada masyarakat

2.2. Menyediakan sarjana pendidikan ilmu pengetahuan sosial untuk memenuhi kebutuhan masyarakat

E.   STRATEGI

Menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi  pendidikan ilmu pengetahuan sosial secara integratif yang berkualitas

 

F.    RUMUSAN DESKRIPSI PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI

 

Program Studi

:

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

Fakultas

:

Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Profil Utama Lulusan

:

Sebagai calon pendidik mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di lingkungan madrasah/sekolah, pondok pesantren, dan masyarakat luar sekolah yang berakhlak mulia, berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan professional di bidangnya serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika profesi dan keilmuan.

Profil Tambahan

:

a.      Sebagai entrepreneur/wirausahawan yang berakhlak mulia, berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan professional di bidangnya serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika profesinya.

b.      Sebagai ahli produksi media yang berakhlak mulia, berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan professional di bidangnya serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika profesinya.

c.      Sebagai asisten peneliti di bidang sosial yang yang berakhlak mulia, berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan professional di bidangnya serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika profesinya.

 

 

Deskripsi Profil Lulusan dan Kemampuan Level 6 (Strata 1)

Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

 

 

 

1.

Kemampuan Kerja

1.     Mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dari perencanaan hingga evaluasi, di tingkat sekolah menengah

2.     Mampu bekerja secara professional sebagai entrepreneur/wirausahawan yang dapat memberikan keberkahan bagi masyarakat di sekitarnya (khoirunn naas anfauhum linn naas).

3.     Mampu menghasilkan media pembelajaran IPS yang dapat dimanfaatkan secara luas

4.     Mampu melaksanakan penelitian di bidang sosial dengan didampingi oleh peneliti senior

 

2.

Penguasaan Pengetahuan

1.      Menguasai konsep teoritis dan pengetahuan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.

2.      Menguasai konsep teoritis dan pengetahuan pengelolaan bisnis/usaha

3.      Menguasai konsep teoritis dan pengetahuan tentang pembuatan media pembelajaran .

4.      Menguasa konsep dan teoritis tentang penelitian sosial

3.

Kemampuan Manajerial

1.      Menguasai pengelolaan pembelajaran IPS di kelas pada sekolah tingkat menengah

2.      Menguasai pengelolaan bisnis/usaha.

3.      Mampu memimpin tim kerja dalam usaha bisnis yang dijalankan.

4.

Tanggung Jawab

1.      Memiliki tanggung jawab yang kuat dalam pelaksanaan tugas, pencapaian hasil kerja dan pelaporan sebagai pimpinan bidang usaha bisnis.

2.      Memiliki keterampilan dalam memanfaatkan teknologi dan mengolah informasi untuk pencapaian keberhasilan dan kesuksesan usaha bisnis yang dijalankan.

3.      Memiliki tanggung jawab sosial sebagai entrepreneur/wirausahawan muslim yang dapat memberikan nilai kemanfaatan bagi masyarakat di sekitarnya.

 

G.   CAPAIAN PEMBELAJARAN

Capaian  pembelajaran dipandang sebagai  resultan  dari hasil keseluruhan proses belajar yang telah ditempuh oleh mahasiswa selama menempuh studinya pada satu program studi tertentu, dimana unsur capaian pembelajaran mencakup: Sikap dan tata nilai, Kemampuan kerja, pengetahuan, dan tanggungjawab/hak.   Seluruh unsur ini menjadi kesatuan yang saling mengait dan juga membentuk relasi sebab akibat. Oleh karenanya, unsur CP dapat dinyatakan sebagai berikut “Setiap mahasiswa lulusan dari program studi apapun, pertama-tama harus memiliki sikap dan tata nilai keIndonesiaan, padanya harus dilengkapi dengan kemampuan kerja yang tepat dan menguasai/didukungoleh pengetahuan yang sesuai, maka padanya berlaku tanggungjawab sebelum dapat menuntut/mendapat haknya”.