KURIKULUM PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA INGGRIS
(Berdasarkan KKNI, SNPT, Kampus Merdeka, dan Integrasi Ilmu/Ulul albab)
A. IDENTITAS PROGRAM STUDI
1. | Nama Program Studi | : | Tadris bahasa inggris |
2. | Ijin Penyelenggaraan Prodi | : | Surat Keputusan DIKTIS No. 2762/E/O/2015 |
3. | Akreditasi Prodi | : | C |
4. | Gelar Akademik Beserta Singkatannya | : | sarjana pendidikan (s.pd) |
5. | Jenis Pendidikan | : | PENDIDIKAN |
6. | Program Pendidikan | : |
|
7. | Bahasa Pengantar Kuliah | : |
|
8. | Masa Studi Program Sarjana | : | 4 |
B. VISI PROGRAM STUDI
Terwujudnya Program Studi Tadris Bahasa Inggris integratif dalam memadukan sains dan Islam yang bereputasi internasional.
C. MISI PROGRAM STUDI
Mencetak sarjana tadris bahasa inggris yang berkarakter ulul albab
Menghasilkan sains tadris bahasa inggris yang relevan dan budaya saing tinggi
D. TUJUAN PROGRAM STUDI
Memberikan akses pendidikan tadris bahasa inggris yang lebih luas kepada masyarakat
Menyediakan sarjana tadris bahasa inggris untuk memenuhi kebutuhan masyarakat
E. STRATEGI
Menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi tadris bahasa inggris secara integratif yang berkualitas
F. RUMUSAN DESKRIPSI PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI
Mampu melakukan pengajaran dan perancangan materi General English maupun satu atau beberapa bidang ESP, mengajarkannya dengan pendekatan pengajaran intercultural communicative serta elaborasi penggunaan teknologi dan pengajaran konvensional (blended learning), dan mengevaluasi pembelajarannya secara empiris dengan kaidah penelitian sehingga siswa didik mampu menggunakan ketrampilan Bahasa Inggris dalam bidang ilmu dan pekerjaan mereka, secara tertulis ataupun lisan dengan ketepatan dan kelancaran bahasa yang setara tingkat post intermediate. Secara spesifik profil lulusan di gambarkan sebagai berikut”
Program Studi | : | Tadris Bahasa Inggris |
Fakultas | : | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan |
Profil Utama Lulusan | : | 1. Pendidik Bahasa Inggris pada satuan pendidikan dasar (SMP/MTs) 2. Pendidik Bahasa Inggris pada satuan pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) 3. Peneliti bIdang Pembelajaran Bahasa Inggris
|
Profil Tambahan | : | 1. Penerjemah 2. Guide
|
Deskripsi Profil Lulusan dan Kemampuan Level 6 (Strata 1) Program Studi Tadris Bahasa Inggris | ||
| ||
1. | Kemampuan Kerja | 1) Mampu menerapkan teori-teori pendidikan dan pembelajaran dalam penyusunan perangkat pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah/madrasah sekaligus menerapkan ilmu kebahasaan di berbagai bidang terkait berbasis teknologi informasi dan komunikasi. 2) Mampu memanfaatkan perkembanganilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi dalam menyelesaikan berbagai masalah penerapan Bahasa Inggris di sekolah/madrasah dan bidang lain yang relevan |
2. | Penguasaan Pengetahuan | 1) Menguasai konsep=konsep teoritis dan landasan keilmuan pendidikan secara mendalam sebagai titik tolak dalam mengembangkan potensi kebahasaan (Bahasa Inggris) peserta didik untik mencapai standar kompetensi yang ditetapkan. 2) Menguasai substansi kajian keilmuan Bahasa Inggris secara luas, mendalam, dan mutakhir untuk membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. 3) Menguasai teori-teori pembelajaran Bahasa Inggris dan mampu memformulasikannya secara prosedural dalam pembelajaran Bahasa Inggris. 4) Menguasai konsep integrasi keilmuan, agama, sains dan kebahasaan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. 5) Menguasai konsep kepemimpinan penddikan dalam rangka menggerakkan dan membudayakan, dan mempraktekkan Bahasa Inggris peserta didik di sekolah/madrasah. |
3. | Kemampuan Manajerial | 1) Mampu mengambil keputusan yang tepat dan strategis dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah/madrasah dan dalam profesi lainya yang relevan berdasarkan analisis informasi dan data serta hasil penelitian 2) Mampu memeberikan petunjuk dan langka-langka pemecahan berbagai masalah bahasa Inggris secara mandiri dan kolektif untuk memperoleh hasil pembelajarn yang bermutu dan maksimal dalam pembentukan pelaku kegamaan peserta didik 3) Mampu memetakan wacana dan fenomena kebahasaan (bahasa Inggris) serta isu-isu kontemporer dalam bahasa Inggris untuk dijadikan sebagai dasar dalam pengembangan pembelajaran Bahasa Inggris yang kreatif dan inovatif. |
4. | Tanggung Jawab | 1) Melaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris yang effektif, produktif, bermakna dan berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan dalam masyarakat multi bahasa baik secara mandiri maupun dengan kemitraan. 2) Mampu menyesuiakan diri secara tepat dalam menjalankan tugas pembelajaran bahasa Inggris dengan dilandasi oleh kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa menjadi teladan peserta didik dan berakhlak mulia secara mandiri dan dengan percaya diri. 3) Mampu bekerjasama secara konstruktif dan kolaboratif dalam pencapaian hasil kerja organisasi dan menghargai hasil kerjasama tersebut. |
G. CAPAIAN PEMBELAJARAN
Capaian pembelajaran dipandang sebagai resultan dari hasil keseluruhan proses belajar yang telah ditempuh oleh mahasiswa selama menempuh studinya pada satu program studi tertentu, dimana unsur capaian pembelajaran mencakup: Sikap dan tata nilai, Kemampuan kerja, pengetahuan, dan tanggungjawab/hak. Seluruh unsur ini menjadi kesatuan yang saling mengait dan juga membentuk relasi sebab akibat. Oleh karenanya, unsur CP dapat dinyatakan sebagai berikut “Setiap mahasiswa lulusan dari program studi apapun, pertama-tama harus memiliki sikap dan tata nilai keIndonesiaan, padanya harus dilengkapi dengan kemampuan kerja yang tepat dan menguasai/didukungoleh pengetahuan yang sesuai, maka padanya berlaku tanggungjawab sebelum dapat menuntut/mendapat hak–nya”.