KURIKULUM INTEGRATIF PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB (Berdasarkan KKNI, SNPT, Kampus Merdeka, dan Integrasi Ilmu/Ulul Albab)
A. IDENTITAS PROGRAM STUDI
1 . |
Nama Program Studi |
: |
Pendidikan Bahasa Arab |
2 . |
Ijin Penyelenggaraan Prodi |
: |
31 Mei 2007 |
3 . |
Akreditasi Prodi |
: |
A (377) |
4 . |
Gelar Akademik Beserta Singkatannya |
: |
SARJANA PENDIDIDIKAN ISLAM DISINGKAT (S.PD.I) |
5 . |
Jenis Pendidikan |
: |
Akademik |
6 . |
Program Pendidikan |
: |
Program Sarjana (Level 6) |
7 . |
Bahasa Pengantar Kuliah |
: |
Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (Regular) Bahasa Arab dan Bahasa Inggris ( International Class Program) |
8 . |
Masa Studi Program Sarjana |
: |
Paling lama 7 tahun akademik |
B. VISI PROGRAM STUDI
Terwujudnya Program Studi Pendidikan Bahasa Arab integratif dalam memadukan sains dan Islam yang bereputasi internasional
C. MISI PROGRAM STUDI
1. Mencetak sarjana pendidikan bahasa Arab yang berkarakter ulul albab
2. Menghasilkan sains pendidikan bahasa Arab yang relevan dan budaya saing tinggi
D. TUJUAN PROGRAM STUDI
1. Memberikan akses pendidikan bahasa Arab yang lebih luas kepada
masyarakat
2. Menyediakan sarjana pendidikan bahasa Arab untuk memenuhi
kebutuhan masyarakatE. STRATEGI
Menyelenggarakan tridharma perdosenan tinggi pendidikan bahasa Arab
secara integratif yang berkualitas
F. RUMUSAN DESKRIPSI PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI
Program Studi : Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Profil Utama
Lulusan
: Pendidik di bidang bahasa Arab
Profil Tambahan : Praktisi/ pelaku usaha berbasis keahlian bahasa Arab
Deskripsi Profil Lulusan dan Kemampuan Level 6 (Strata 1) Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
||
Profil Utama : Pendidik di bidang bahasa Arab |
||
1. |
Kemampuan Kerja |
1) Mampu menerapkan konsep teoritis bidang ilmu bahasa Arab dalam pendidikan bahasa Arab di sekolah/ madrasah serta memecahkan masalah yang timbul 2) Mampu berbahasa Arab lisan dan tulis minimal level mandiri atau mahir menengah yang mendukung profesinya sebagai pendidik pemula bahasa Arab 3) Mampu menerapkan teori-teori pendidikan dan pembelajaran dalam penyusunan perangkat, pelaksanakan dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab di sekolah/ madrasah berbasis teknologi informasi dan komunikasi 4) Mampu memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi dalam menyelesaikan berbagai masalah pembelajaran bahasa Arab di sekolah/ madrasah 5) Mampu menerapkan konsep integrasi keilmuan, agama, sains dan keindonesiaan dalam pembelajaran bahasa Arab 6) Mampu melakukan penelitian bahasa dan pendidikan bahasa yang mendukung profesinya sebagai pendidik pemula bahasa Arab 7) Mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi terkait dengan dinamika sosial- budaya, ekonomi, dan politik serta tantangan global dalam pelaksanaan tugas pembelajaran bahasa Arab di sekolah/ madrasah |
2. |
Penguasaan Pengetahuan |
1) Menguasai substansi kajian bahasa Arab secara luas, mendalam, dan mutakhir untuk membimbing peserta didik memenuhi standar |
|
|
kompetensi yang ditetapkan sebagai pendidik pemula bahasa Arab 2) Menguasai konsep-konsep teoritis dan landasan keilmuan pendidikan secara mendalam sebagai titik tolak dalam mengembangkan potensi kebahasaan (bahasa Arab) peserta didik untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan 3) Menguasai teori-teori pembelajaran bahasa Arab dan mampu memformulasikannya secara prosedural dalam pembelajaran bahasa Arab 4) Menguasai konsep integrasi keilmuan, agama, sains dan keindonesiaan dalam pembelajaran bahasa Arab 5) Mengusai konsep penelitian bahasa dan pendidikan bahasa yang mendukung profesinya sebagai pendidik pemula bahasa Arab 6) Menguasai konsep kepemimpinan pendidikan dalam rangka menggerakkan dan membudayakan, dan mempraktekkan bahasa Arab peserta didik di sekolah/ madrasah. |
3. |
Kemampuan Manajerial |
1) Menguasai secara mendalam tentang hal-hal yang terkait dalam pengambilan keputusan yang tepat dan strategis dalam pembelajaran bahasa Arab di sekolah/ madrasah berdasarkan analisis informasi dan data serta hasil penelitian 2) Mampu memberikan petunjuk dan langkah– langkah pemecahan berbagai masalah bahasa Arab secara mandiri dan kolektif untuk memperoleh hasil pembelajaran yang bermutu dan maksimal dalam pembentukan prilaku keagamaan peserta didik 3) Mampu memetakan wacana dan fenomena kebahasaan (bahasa Arab) serta isu-isu kontemporer dalam Bahasa Arab untuk dijadikan sebagai dasar dalam pengembangan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. |
4. |
Tanggung Jawab |
1) Memiliki tanggungjawab yang kuat dan dapat diberi tanggungjawab terhadap pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab yang efektif, produktif, bermakna, dan berlandaskan nilai– nilai kemanusiaan dalam masyarakat multi bahasa baik secara mandiri maupun kemitraan 2) Mampu menyesuaikan diri secara tepat dalam menjalankan tugas pembelajaran bahasa Arab dengan dilandasi oleh kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia secara mandiri dan dengan percaya diri
, |
Deskripsi Profil Lulusan dan Kemampuan Level 6 (Strata 1) Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
||
Profil Tambahan : Praktisi/ pelaku usaha berbasis keahlian bahasa Arab |
||
1. |
Kemampuan Kerja |
Memiliki salah satu kemampuan praktis berikut: 1) Praktisi/ wirausahawan kaligrafi Arab 2) Praktisi/ wirausahawan produksi media 3) Instruktur/ wirausahawan pendidikan bahasa Arab untuk anak 4) Praktisi/ wirausahawan penerjemahan Arab– Indonesia dan sebaliknya 5) Instruktur/ wirausahawan BIPA untuk penutur Arab |
2. |
Penguasaan Pengetahuan |
1) Menguasai teori dan teknik kaligrafi Arab 2) Menguasai teori dan teknik produksi media 3) Menguasai konsep teoritis pembelajaran bahasa Arab untuk Anak 4) Menguasai konsep teoritis menerjemah dari Arab ke Indonesia atau sebaliknya 5) Menguasai konsep teoritis pembelajaran Bahasa Indonesia untuk penutur asing bahasa Arab |
3. |
Kemampuan Manajerial |
Menguasai secara mendalam hal yang terkait dengan pengelolaan bidang usaha di bidang kaligrafi, produksi media, pembelajaran bahasa Arab untuk Anak, penerjemahan dan bahasa Indonesia untuk penutur asing Arab |
4. |
Tanggung Jawab |
Memiliki tanggung jawab yang kuat dalam bidang usaha di bidang kaligrafi, produksi media, pembelajaran bahasa Arab untuk Anak, penerjemahan dan bahasa Indonesia untuk penutur asing Arab |
Profil Tambahan : Peneliti Pemula di Bidang Pendidikan Bahasa Arab |
||
1. |
Kemampuan Kerja |
1) Mampu menerapkan teori dan konsep penelitian dalam bidang bahasa Arab dan pendidikan bahasa Arab 2) Mampu memanfaatkan perkembangan ilmu |
|
|
pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi dalam melakukan penelitian di bidang pendidikan bahasa Arab 3) Mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi terkait dengan dinamika sosial– budaya, ekonomi dan politik serta tantangan global dalam pelaksanaan penelitian di bidang pendidikan bahasa Arab 4) Mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian bidang bahasa Arab dan pendidikan bahasa Arab dalam rangka memecahkan masalah atau meningkatkan mutu pendidikan bahasa Arab 5) Mampu mempublikasikan karya ilmiah atau hasil penelitiannya di jurnal/karya ilmiah |
2. |
Penguasaan Pengetahuan |
1) Menguasai konsep teoritis penelitian bahasa Arab dan pendidikan bahasa Arab 2) Menguasai perkembangan isu terbaru dalam linguistik dan pendidikan bahasa Arab |
3. |
Kemampuan Manajerial |
1) Menguasai secara mendalam tatacara merencanakan setiap tahapan dalam penelitian 2) Mampu memanaj diri dan orang lain dalam sebuah tim penelitian |
4. |
Tanggung Jawab |
Memiliki karakteristik dasar sebagai peneliti berkualitas yang mencakup cerdas, jujur, rasa ingin tahu dan inisiatif tinggi, pengetahuan yang cukup dibidang pendidikan bahasa Arab dan kemampuan komunikasi baik lisan ataupun tulis |
G. CAPAIAN PEMBELAJARAN
Capaian pembelajaran dipandang sebagai resultan dari hasil keseluruhan proses belajar yang telah ditempuh oleh mahasiswa selama menempuh studinya pada satu program studi tertentu, dimana unsur capaian pembelajaran mencakup: sikap dan tata nilai, kemampuan kerja, pengetahuan, dan tanggungjawab/ hak. Seluruh unsur ini menjadi kesatuan yang saling mengait dan juga membentuk relasi sebab akibat. Oleh karenanya, unsur CP dapat dinyatakan sebagai berikut “Setiap mahasiswa lulusan dari program studi apapun, pertama–tama harus memiliki sikap dan tata nilai keindonesiaan, padanya harus dilengkapi dengan kemampuan kerja yang tepat dan menguasai/didukungoleh pengetahuan yang sesuai, maka padanya berlaku tanggungjawab sebelum dapat menuntut/mendapat hak- nya”.