Pendidikan Bahasa Arab

KURIKULUM INTEGRATIF PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB (Berdasarkan KKNI, SNPT, Kampus Merdeka, dan Integrasi Ilmu/Ulul Albab)

 

  A.    IDENTITAS PROGRAM STUDI

  

1

.

Nama Program Studi

:

Pendidikan Bahasa Arab

2

.

Ijin Penyelenggaraan

Prodi

:

31 Mei 2007

3

.

Akreditasi Prodi

:

A (377)

4

.

Gelar Akademik

Beserta Singkatannya

:

SARJANA PENDIDIDIKAN ISLAM

DISINGKAT (S.PD.I)

5

.

Jenis Pendidikan

:

Akademik

6

.

Program Pendidikan

:

Program Sarjana (Level 6)

7

.

Bahasa Pengantar

Kuliah

:

Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia

(Regular) Bahasa Arab dan Bahasa

Inggris ( International Class Program)

8

.

Masa Studi Program

Sarjana

:

Paling lama 7 tahun akademik

 

B. VISI PROGRAM STUDI

 

Terwujudnya  Program  Studi  Pendidikan  Bahasa  Arab  integratif  dalam memadukan sains dan Islam yang  bereputasi internasional

 

C.  MISI PROGRAM STUDI

1.  Mencetak sarjana pendidikan bahasa Arab yang berkarakter ulul albab

2.  Menghasilkan sains pendidikan bahasa Arab yang relevan dan budaya saing tinggi

 

 

 

D. TUJUAN PROGRAM STUDI

1.  Memberikan  akses  pendidikan  bahasa  Arab  yang  lebih  luas  kepada

masyarakat

2.  Menyediakan   sarjana   pendidikan   bahasa   Arab   untuk   memenuhi

kebutuhan masyarakatE.  STRATEGI

Menyelenggarakan  tridharma  perdosenan  tinggi  pendidikan  bahasa  Arab

secara integratif yang berkualitas

 

F.  RUMUSAN DESKRIPSI PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI

 

Program Studi          :  Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas                   :  Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

 

Profil           Utama

Lulusan


:  Pendidik di bidang bahasa Arab

 

Profil Tambahan       :  Praktisi/ pelaku usaha berbasis keahlian bahasa Arab

 

Deskripsi Profil Lulusan dan Kemampuan Level 6 (Strata 1) Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

 

 

Profil Utama : Pendidik di bidang bahasa Arab

1.

Kemampuan Kerja

1)  Mampu menerapkan konsep teoritis bidang ilmu bahasa Arab dalam pendidikan bahasa Arab di sekolah/ madrasah serta memecahkan masalah yang timbul

2)  Mampu berbahasa Arab lisan dan tulis minimal level mandiri atau mahir menengah yang mendukung profesinya sebagai pendidik

pemula bahasa Arab

3)  Mampu menerapkan teori-teori pendidikan dan pembelajaran dalam penyusunan perangkat, pelaksanakan dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab di sekolah/ madrasah berbasis teknologi informasi dan komunikasi

4)  Mampu memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi dalam menyelesaikan berbagai masalah pembelajaran bahasa Arab di sekolah/ madrasah

5)  Mampu menerapkan konsep integrasi keilmuan, agama, sains dan keindonesiaan dalam pembelajaran bahasa Arab

6)  Mampu melakukan penelitian bahasa dan pendidikan bahasa yang mendukung profesinya sebagai pendidik pemula bahasa Arab

7)  Mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi terkait dengan dinamika sosial- budaya, ekonomi, dan politik serta tantangan global dalam pelaksanaan tugas pembelajaran bahasa Arab di sekolah/ madrasah

2.

Penguasaan

Pengetahuan

1)  Menguasai substansi kajian bahasa Arab secara luas,     mendalam,     dan     mutakhir     untuk membimbing peserta didik memenuhi standar

 

 

 

 

kompetensi  yang  ditetapkan  sebagai  pendidik

pemula bahasa Arab

2)  Menguasai konsep-konsep teoritis dan landasan keilmuan pendidikan secara mendalam sebagai titik tolak   dalam   mengembangkan   potensi kebahasaan (bahasa Arab) peserta didik untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan

3)  Menguasai   teori-teori   pembelajaran   bahasa Arab dan mampu memformulasikannya secara prosedural dalam pembelajaran bahasa Arab

4)  Menguasai konsep integrasi keilmuan, agama, sains dan keindonesiaan dalam pembelajaran bahasa Arab

5) Mengusai  konsep  penelitian  bahasa  dan pendidikan bahasa yang mendukung profesinya

sebagai pendidik pemula bahasa Arab

6)  Menguasai  konsep  kepemimpinan  pendidikan

dalam rangka menggerakkan dan membudayakan, dan mempraktekkan bahasa Arab peserta didik di sekolah/ madrasah.

3.

Kemampuan

Manajerial

1) Menguasai secara mendalam tentang hal-hal yang    terkait  dalam  pengambilan  keputusan yang tepat dan strategis dalam pembelajaran bahasa  Arab  di  sekolah/  madrasah berdasarkan analisis informasi dan data serta hasil penelitian

2) Mampu memberikan petunjuk dan langkah– langkah pemecahan berbagai masalah bahasa

Arab secara mandiri dan kolektif untuk memperoleh hasil pembelajaran yang bermutu dan maksimal dalam pembentukan prilaku keagamaan peserta didik

3) Mampu memetakan wacana dan fenomena kebahasaan (bahasa    Arab)    serta    isu-isu

kontemporer dalam Bahasa Arab untuk dijadikan sebagai dasar dalam pengembangan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

4.

Tanggung Jawab

1) Memiliki tanggungjawab yang kuat dan dapat diberi         tanggungjawab   terhadap   pelaksanaan pembelajaran          bahasa    Arab    yang    efektif, produktif, bermakna, dan berlandaskan nilai– nilai          kemanusiaan  dalam  masyarakat  multi bahasa baik secara mandiri maupun kemitraan

2) Mampu menyesuaikan diri secara tepat dalam

menjalankan tugas pembelajaran bahasa Arab dengan  dilandasi  oleh  kepribadian  yang mantap,  stabil,  dewasa,  arif  dan  berwibawa

menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia secara mandiri dan dengan percaya diri

 

,

 

Deskripsi Profil Lulusan dan Kemampuan Level 6 (Strata 1) Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

 

 

Profil Tambahan : Praktisi/ pelaku usaha berbasis keahlian bahasa Arab

1.

Kemampuan Kerja

Memiliki salah satu kemampuan praktis berikut:

1)  Praktisi/ wirausahawan kaligrafi Arab

2)  Praktisi/ wirausahawan produksi media

3)  Instruktur/ wirausahawan pendidikan bahasa

Arab untuk anak

4)  Praktisi/  wirausahawan  penerjemahan  ArabIndonesia dan sebaliknya

5)  Instruktur/ wirausahawan BIPA untuk penutur

Arab

2.

Penguasaan

Pengetahuan

1)  Menguasai teori dan teknik kaligrafi Arab

2)  Menguasai teori dan teknik produksi media

3)  Menguasai konsep teoritis pembelajaran bahasa

Arab untuk Anak

4)  Menguasai  konsep  teoritis  menerjemah  dari

Arab ke Indonesia atau sebaliknya

5)  Menguasai     konsep     teoritis     pembelajaran

Bahasa Indonesia untuk penutur asing bahasa

Arab

3.

Kemampuan

Manajerial

Menguasai secara mendalam hal yang terkait dengan pengelolaan bidang usaha di bidang kaligrafi, produksi media, pembelajaran bahasa Arab untuk Anak, penerjemahan dan bahasa Indonesia untuk penutur asing Arab

4.

Tanggung Jawab

Memiliki tanggung jawab yang kuat dalam bidang usaha di bidang kaligrafi, produksi media, pembelajaran bahasa Arab untuk Anak, penerjemahan dan bahasa Indonesia untuk penutur asing Arab

 

 

Profil Tambahan : Peneliti Pemula di Bidang Pendidikan Bahasa Arab

1.

Kemampuan Kerja

1) Mampu   menerapkan   teori   dan   konsep penelitian dalam bidang bahasa Arab dan pendidikan bahasa Arab

2) Mampu memanfaatkan perkembangan ilmu

 

 

pengetahuan  dan  teknologi  informasi  dan

komunikasi dalam melakukan penelitian di

bidang pendidikan bahasa Arab

3) Mampu  beradaptasi  terhadap  situasi  yang dihadapi   terkait  dengan  dinamika  sosial– budaya, ekonomi dan politik serta tantangan global    dalam   pelaksanaan   penelitian   di bidang pendidikan bahasa Arab

4) Mampu  merencanakan  dan  melaksanakan penelitian     bidang    bahasa    Arab     dan pendidikan   bahasa   Arab   dalam   rangka memecahkan masalah atau meningkatkan mutu pendidikan bahasa Arab

5) Mampu mempublikasikan karya ilmiah atau hasil penelitiannya di jurnal/karya ilmiah

2.

Penguasaan

Pengetahuan

1) Menguasai konsep teoritis penelitian bahasa

Arab dan pendidikan bahasa Arab

2) Menguasai perkembangan isu terbaru dalam linguistik dan pendidikan bahasa Arab

3.

Kemampuan

Manajerial

1) Menguasai    secara    mendalam    tatacara merencanakan     setiap     tahapan     dalam penelitian

2) Mampu memanaj diri dan orang lain dalam

sebuah tim penelitian

4.

Tanggung Jawab

Memiliki karakteristik dasar sebagai peneliti berkualitas yang mencakup cerdas, jujur, rasa ingin  tahu  dan  inisiatif  tinggi,  pengetahuan yang cukup dibidang pendidikan bahasa Arab dan  kemampuan  komunikasi  baik  lisan ataupun tulis

G. CAPAIAN PEMBELAJARAN

Capaian   pembelajaran dipandang sebagai   resultan   dari hasil keseluruhan proses belajar yang telah ditempuh oleh mahasiswa selama menempuh studinya pada satu program studi tertentu, dimana unsur capaian pembelajaran mencakup: sikap dan tata nilai, kemampuan kerja, pengetahuan, dan tanggungjawab/ hak.    Seluruh unsur ini menjadi kesatuan yang saling mengait dan juga membentuk relasi sebab akibat. Oleh karenanya, unsur CP dapat dinyatakan sebagai berikut Setiap  mahasiswa  lulusan  dari  program studi apapun, pertamatama harus memiliki sikap dan tata nilai keindonesiaan, padanya harus dilengkapi dengan kemampuan kerja yang tepat dan menguasai/didukungoleh pengetahuan yang sesuai, maka padanya berlaku tanggungjawab sebelum dapat menuntut/mendapat hak- nya”.