KURIKULUM INTEGRATIF PROGRAM STUDI PIAUD
(Berdasarkan KKNI, SNPT, Kampus Merdeka, dan Integrasi Ilmu/Ulul albab)
A. IDENTITAS PROGRAM STUDI
1. | Nama Program Studi | : | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
2. | Ijin Penyelenggaraan Prodi | : | 13 Maret 2014 |
3. | Akreditasi Prodi | : | C |
4. | Gelar Akademik Beserta Singkatannya | : | Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) |
5. | Jenis Pendidikan | : | Akademik |
6. | Program Pendidikan | : | Program Sarjana (Level 6) |
7. | Bahasa Pengantar Kuliah | : | Indonesia |
8. | Masa Studi Program Sarjana | : | 4 Tahun |
B. VISI PROGRAM STUDI
Terwujudnya program studi integratif dalam memadukan ilmu pendidikan anak usia dini dan Islam yang bereputasi internasional
C. MISI PROGRAM STUDI
1. Mencetak sarjana PIAUD yang berkarakter ulul albab
2. Menghasilkan sains, teknologi, seni dalam Pendidikan anak usia dini yang berdaya saing tinggi
D. TUJUAN PROGRAM STUDI
1. Memberikan akses Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang lebih luas kepada masyarakat
2. MenyediakanTenaga Pendidik Anak usia dini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat
E. STRATEGI
Menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi dalam Pendidikan Islam AnakUsia Dini secara integratif yang berkualitas.
F. RUMUSAN DESKRIPSI PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI
Program Studi | : | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Fakultas | : | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan |
Profil Utama Lulusan | : | Pendidik di bidang PAUD |
Profil Tambahan | : | Entrepreneur di bidang PAUD
|
Deskripsi Profil Lulusan dan Kemampuan Level 6 (Strata 1) Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||
Profil utama lulusan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah sebagai Pendidik pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang mampu memadukan keilmuan keislaman dan keilmuan Pendidikan Anak Usia Dini, memanfaatkan teknologi, informasi, dan komunikasi dengan integritas yang tinggi dan dengan memenuhi profesionalisme, komunikasi yang adaptif, dan nilai-nilai universal kemanusiaan | ||
1. | Kemampuan Kerja | 1. Mampu mengaplikasikan teori-teori dan prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini di RA/TK. 2. Mampu membuat dan/atau memanfaatkan media permainan yang memicu perkembangan anak usia dini. 3. Mampu menerapkan kurikulum RA/TK 4. Mampu melakukan asesmen pembelajaran pada anak usia dini 5. Mampu mengintegrasi ilmu, agama, dan keindonesiaan dalam proses pembelajaran anak usia dini. 6. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunukasi dalam pengembangan alat permainan edukatif pada RA/TK. Mampu beradaptasi, berpikir fleksibel dan inovatif dalam menghadapi perkembangan IPTEK. |
2. | Penguasaan Pengetahuan | 1. Menguasai konsep-konsep dasar pendidikan anak usia dini dengan dukungan ilmu kesehatan, psikologi, konseling, manajemen, neurosains, dan seni budaya sebagai landasan dalam menganalisis dan menerapkan layanan pendidikan bagi peserta didik Usia RA/TK; 2. Menguasai konsep-konsep dasar ilmu umum dan Keislaman yang terkait sebagai landasan dalam menganalisis dan menerapkan layanan pendidikan bagi anak usia dini. 3. Menguasai konsep pendidikan anak usia dini berkebutuhan khusus 4. Menguasai aspek perkembangan anak usia dini yang meliputi : aspek kognitif, kreativitas, bahasa, sosial emosional, moral keislaman, fisik-motorik, dan seni. |
3. | Kemampuan Manajerial | 1. Mampu mengambil keputusan strategis, logis, benar, tepat dalam merancang, implementasi, dan mengevaluasi pembelajaran anak usia dini. 2. Mampu menentukan skala prioritas model pendidikan anak usia dini. Mampu memanfaatkan hasil riset untuk memecahkan permasalahan pembelajaran RA/TK |
4. | Tanggung Jawab | 1. Mampu menunjukkan kinerja dalam praktik pendidikan RA/TK dan dapat mempertanggung-jawabkan pada pengguna, pemangku kepentingan dan masyarakat. 2. Mampu menunjukkan kinerja dalam merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran pada RA/TK 3. Memiliki tanggung jawab secara keilmuan pedagogis dan konten meliputi pengembangan bakat, minat, kognisi, kreativitas, bahasa, fisik motorik, seni tari, seni suara, seni musik, seni rupa, seni bermain, bercerita , nilai-nilai moral dan keagamaan pada pendidikan anak usia dini. |
G. CAPAIAN PEMBELAJARAN
Capaian pembelajaran dipandang sebagai resultan dari hasil keseluruhan proses belajar yang telah ditempuh oleh mahasiswa selama menempuh studinya pada satu program studi tertentu, dimana unsur capaian pembelajaran mencakup: Sikap dan tata nilai, Kemampuan kerja, pengetahuan, dan tanggungjawab/hak. Seluruh unsur ini menjadi kesatuan yang saling mengait dan juga membentuk relasi sebab akibat. Oleh karenanya, unsur CP dapat dinyatakan sebagai berikut “Setiap mahasiswa lulusan dari program studi apapun, pertama-tama harus memiliki sikap dan tata nilai keIndonesiaan, padanya harus dilengkapi dengan kemampuan kerja yang tepat dan menguasai/didukungoleh pengetahuan yang sesuai, maka padanya berlaku tanggungjawab sebelum dapat menuntut/mendapat hak–nya”.